9/10/2009

ITS NOT PROMOTION ANYMORE

Inilah elemen terakhir atau keempat dari marketing –mix, promosi, atau juga yang dikenal juga sebagai marketing Communications.

Promosi dan saluran distribusi masih bisa dikelompokan lagi menjadi apa yang disebut ”acces” karena lewat kedua element marketing-mix inilah pelanggan bisa mengakses apa yang ditawarkan kita. Sementara kedua elemen 4P lainnya produk dan harga disebut ”offer ” karena kedua element tersebut ayang merupakan penawaran kita.
Promosi bisa dipakai untuk menginformasikan produk baru, perubahan harga, pindah kantor dan sebagainya. Promosi juga bisa dipakai untuk membujuk pelanggan untuk membeli sekarang juga, agar supaya pelanggan melakukan brand switching atau untuk meningkatkan brand awareness.
Itulah sekilas tentang promossi yang ada dalam era Legacy Marketing.
Untuk era New Wave Marketing istilah yang lebih tepat bukanlah promosi namun Conversation.
Promosi itu sifatnya ssearah top – down dan one to many semua itu sifatnya vertical sementara conversation itu sifatnya horizontal dua arah, peer to peer dan many to many. Sebagaian bentuk promosi yang dilakukan sekarang datangnya dari perusahaan dan ditunjukkan kepada pelanggan. Hampir tidak ada interaksi apapun antara perusahaan dfan pelanggan / nasabah. Ataupun antar pelanggan itu sendiri. Kebenaran yang adfa hanya satu versi yaitu versi ”perubahan ”
Sementara conversation berarti terjadi diskusi alias interaksi antara dua pihak yang kedudukannya setara. Disini ”kebenaran ” nya merupakan kebenaran bersama ( Common Truth ) Dengan demikian nassabah akan lebih bisa menerima kebenaran bersama ini dari pada kebenaran satu versi saja. Hal ini karena conversation pelanggan bisa meng-clarify hal – hal yang diutarakan oleh perusahaan.
Maka dari satu sisi penerimaan pelanggan terhadap informasi yang disampaikan perusahaan conversation akan lebih bisa dipercaya oleh pelanggan ketimbang promosi.
Lalu dari sisi anggaran sendiri, conversation merupakan praktik low – budget, hight – impact marketing, sementara promosi adalah Hight budget hight impact marketing dan kalau tidak hati – hati malah bias jadi hight budget low impact marketing.
Karena itu anda harus bias merubah promosi menjadi conversation, pertama – tama promosi menjadi communication dan pada akhirnya akan berubah menjadfi conversation didalam komunitas mereka.

Tidak ada komentar: